Terlalu Menghayati Peran

Ada kenangan tersendiri tiap kali aku memikirkan tentang bermain peran — roleplay, istilah yang lebih dikenal pada masanya. Kini, orang-orang mungkin sudah berhenti mencarinya — atau mengungkitnya.

Aku terbiasa menuangkan pengalaman dan perasaanku saat bermain peran ke dalam sebuah fiksi penggemar — dulunya. Aku bertemu dengan banyak orang — teman baru, orang asing, seseorang yang lambat laun kau percaya sebagai seseorang yang kau sukai — dari berbagai tempat, mungkin berbagai negara. Ada kesenangan tersendiri saat kita mencoba menjadi orang lain, menjadi seorang tokoh terkenal — sosok idola yang tengah digandrungi anak muda, menjadi seseorang di antara mereka yang tak mengenal diri kita sesungguhnya.

Aku tidak tahu bagaimana denganmu, tetapi aku menyukainya. Beberapa kali aku mencoba kembali, beberapa tahun terakhir, tetapi keadaan tidak pernah sama lagi. Aku mungkin saja pernah sekali atau beberapa kali “berpapasan” dengan orang yang sama di dunia ini, tapi siapa yang tahu kalau kita tidak saling bertukar identitas sebenarnya atau benar-benar menjalin pertemanan di luar semua itu?

Kendati demikian, sekarang aku merindukannya.

Merindukan Lu. Merindukan diriku sebagai Hakyeon. Merindukan Eunji. Merindukan diriku sebagai L.Joe yang tidak bisa melupakan “cinta pertama”-nya begitu saja, yang masih juga memikirkan mantan kekasihnya saat berkencan dengan kekasih yang baru, yang tidak bisa memaafkan diri sendiri begitu saja karena melukai perasaan seseorang dengan begitu dalam.

Aku percaya karma. Dan, karma akan datang padaku. Tenang saja.

P.S. Aku mungkin akan menulis sesuatu tentang mereka dalam waktu dekat. Mungkin. Hanya sekadar memastikan bahwa ingatan itu masih ada, kenangan itu masih di sana, belum terlupakan.

*

Any comment would be lovely. ♡

